puasa di negeri Rosululloh

Seorang teman yang menyarankan kepadaku..”Mba…kalo bisa nanti saat di mekah atau madinah… perbanyak tilawah,sholat sunah dan puasa yah…”kemudian dengan detail ia mulai memberikan penjelasannya…”kita perbanyak membaca Al qur’an karena di sana Rosululloh juga banyak membaca al quran…kalo bisa…. juga sholat sunnah…karena di sana rosululloh juga banyak melakukan sholat sunnah…tus… kalo mba sehat dan kuat…coba deh puasa di sana…supaya kita bisa merasakan bagaimana sih rasanya puasa di negerinya Rosululloh saw.

dan…nasihat ini berusaha aku ingat…sehingga saat di sana..ini adalah salah satu target yang harus aku lakukan di sana…

yang paling sulit di lakukan di sana ternyata adalah ibadah saum…yah…tentu saja karena iklimnya yang berbeda dengan iklim di negara kita…

aku sendiri baru bisa mewujudkan azmku setelah berada di madinah…karena di madinahi klimnya lebih bersahabat…jarak dari maktab ke masjid juga tdk terlalu jauh…masjidnya teduh dan indoor…

ternyata kenikmatannya luar biasa loh…

Seperti yang alloh janjikan…”ada dua kebahagiaan yang Aku segerakan bagi orang yng berbuat kebajikan di dunia…yaitu…wanita yang baru saja melahirkan bayinya…dan orang yang berpuasa saat ia berbuka…”

jadi suasana berbuka puasa di sana luar biasa banget…
semua orang berlomba-lomba memberikan hidangan berbuka…

jika menjelang magrib…banyak para wanita yang membawa troller berisi…roti perancis,kamir arab,youghurt,kurma muda (ruthob),,teh arab…:)

hem…nyunah banget…bukankah Rosululloh saw bersabda..”barang siapa yang memberikan hidangan berbuka bagi orang yg berpuasa maka bagi yang memberi hidangan berbuka akan mendapatkan pahala kebaikan orang yang di berinya hidangan tanpa berkurang sedikit pun…”

wow…jadi…orang yang memberi hidangan orang yang berpuasa…pa lagi yang di berinya banyak orang…pa lagi yang di berinya adalah orang yang sholeh yang hari itu banyak tilawah…banyak sholat sunah…banyak sedekah…….wah…berapa kebaikan tuh…

makanya mencermati suasana berbuka di sana…rasa haru itu kembali menyusup…melihat orang orang berfastabiqul khoirot…mereka melakukannya dengan semangat yang sama…kecintaan kepada Rosululloh SAW.

setiap soft di beri selembar pelastik tipis transparant sepanjang barisan selebar soft…di tata…setiap orang yang berpuasa mendapat sebuah roti,youghurt,segelas kurma muda dan segelas zam-zam…

subhanalloh…rizqu minalloh…
pengalaman yang luar biasa…

awalnya aku hanya melihat saja…mengamati…tapi…melihat ada seorang wanita tua dengan troli yang sangat penuh…membagikan semua bekalnya sendiri…ehm…aku beranikan diri untuk menawarkan bantuan…he…he…biasa dg bahasa inggris tarzanku..”may i help you mom”

subhanalloh…ternyata sambutannya luar biasa banget….wanita itu mengangguk…sambil menyodorkan gelas dan sekardus ruthob…”sab ah,sab’ah” katanya

yup…aku segera tanggap…ku masukkan dalam gelas gelas plastik itu masing masing 7 butri qurma muda yang masih segar dan dingin….dengan semangat ku bagikan Qurma qurma itu di sepanjang shof…

nikmat…tak terkira…
hal jaza ul ihsanu ilal ihsan…

dan tidaklah kebajikan itu akan di balas oleh alloh melainkan dengan kebajikan pula…

sesaat sebelum azan anita tua itu mendatangi tempat duduku sambil membawa…dua gelas yang berisi ruthob…this is for you…

subhanalloh…alhamdulillah..syukron…syukron…supaya lebih barokah…qurma itu pun aku bagikan lagi…alhamdulillah…

ternyata jazaa ul ilal ihsannya tidak cukup sampai di sini…

sepulang sholat isya…begitu keluar dari masjid nabawi…tiba-tiba ada seorang wanita yang menggandengku…ya ukhti…kemudian dia membawaku ke sebuah jamuan di depan pintu ke 23…semua tidak ada yang boleh berdiri kecuali sudah makan hidangan mereka…subhanalloh…sekotak nasi kebuli lengkap dengan ayamnya…

aku sempat berfikir…jangan jangan ini untuk fakir miskin…(he…he…takut gak berhak) tapi…kulihat…yang di jamu…semua…kalo di lihat dari penampilan cara berpakaiannya…ada yang kalangan atas dan bawahnya juga…:)

jadi amanlah…

alhamdulillah ya Robb engkau karuniakan kepada hamba…pengalaman berpuasa di negri Rosululloh…ternyata…memang tabiat masyarakat madinah adalah suka menolong…pantaslah jika dulu rosululloh memilih berhijrah ke madinah…

setelah puasa senin di hari itu…esoknya kami (aku dan suamiku) berniat untuk melanjutkannya dengan berpuasa hari asyura dan tasyu a…puasa 9 dan 10 muharaam…

dan ternyata…subhanalloh…barokahnya lebih dari puasa senin kemarin…

yang jelas barokah seperti yang Rosululloh sabdakan…”barang siapa yang berpuasa asyura dan tasyu a maka baginya ampunan tas dosa dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang”

barokah di dunia juga ternyata bisa langsung di rasakan loh…

yang membawa hidangan semakin banyak…

jika puasa senin kamis…yang mendapatkan hidangan hanya di soft pertama…untuk puasa asyura dan tasyua ini lebih banyak lagi…hampir semua soft mendapatkan hidangan….

subhanalloh…nikmat terasa…berpuasa di negri Rosululloh…keberkahannya ternyata benar-benar lebih di bandingkan keberkahan di tanah yang lain…

semoga Alloh beri kesempatan kembali kami ke negri yang di berkahi…Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s