Sudah mencium baunya sebelum menerima

ada satu tempat di mekah yang sebagian besar orang yang di sana akan memburunya…
why ?
karena tempat ini adalah salah satu tempat di mana doa kita diijabah oleh Alloh SWT.tempat ini bernama multazam…

setiap berada di sudut ini…tak ada satu orangpun yang tidak mencucurkan air mata…tempat ini seolah punya magnet tersendiri bagi jamaah umroh atau haji….

di kebanyakan orang berdialog…yah…berdialog apa saja dengan sang maha pencipta dan Sang Maha kuasa…

bagi yang beruntung…bisa melakukan sunah rosululloh ketika berada di multazam…yaitu menempelkan pipi dan dada di sisi pintu ka’bah sambil berdoa kepada Alloh swt…tapi…ehm…untuk mendapatkan posisi ini agak susah…di samping antrinya panjang…kalo kita mau ke sisi ini harus masuk ke sisi yang agak ke bawah…nah…kalo masuknya mah kelihatannya enak…hanya kalo sudah turun sepertinya keluarnya agak susah…apalagi bagi jamaah wanita seperti aku…resiko berdesak-desakan dengan kaum adam adalah resiko yang harus di pikirkan lebih serius lagi…

dan menurutku yang paling aman dan afdol bagi jamaah wanita sebenarnya adalah mengambil sudut yang sejajar aja dg multazam…sehingga kita bisa enak memandang ka’bah dan berdoa dengan khusuk…tanpa harus berdesak-desakan…

sering doa doa yang kita panjatkan di sini juga cash and carry…langsung diijabah oleh alloh SWT,…

jangankan doa…terkadang hanya lintasan-lintasan pikiran ringan saja…langsung diijabah oleh alloh SWT…sehingga he…he…menurutku…di sini ini harus hati-hati menjaga lintasan fikiran dan hati…banyak-banyak berbaik sangka terhadap orang dan takdir Alloh…

ada beberapa pengalaman uniku di sisi multazam ini…
pernah dalam satu putaran thowaf aku mencium bau sedap….banget…bau ayam panggang…subhanalloh…waktu itu aku cuma membatin…wah…di ka’bah ini siapa yang masak yah…kan restoran jauh…kok baunya sedep banget nih…

he…he…jangan-jangan karena perutku yang sedari jam 2 pagi tadi gak diisi jadi reflek fikiran mah…langsung ke makanan…:)

tak ada prasangka apa apa sebelumnya…
seperti biasa…
setelah thowaf… aku melakukan sholat sunah 2 rakaat setelah thowaf di belakang maqom ibrahim…
setelah berdoa…ku pandingi sisi multazam kesukaanku…subhanalloh…nikmat yang tiada tara…

tiba-tiba ada seorang wanita kebangsaan irak yang minta tolong kepadaku untuk dipencetkan nomor telepon…dia memberiku catatan nomor dan hand phone nya…dia bilang dia mau menelpon keluarganya kalo dia sudah sampai di ka,bah dan baru saja menyelesaikan umrohnya…

dengan senang hati aku tolong wanita itu…tak berapa lama tefon pun tersambung…dan ..halo…belum berapa lama wanita ini telephon…eh kok…putus…dia memberikan lg telepon itu kepada ku lagi…berharap di tolong lg…

gak maslah…aku bantu wanita itu lagi…
dan alhamdulillah sepertinya pembicaraan mereka lancar…

subhanalloh…melihat raut wajahnya aku merasa bahagia sekali…wajahnya cantik,cerah…dan sangat sophan sekali…satu sikap yang jarang aku lihat di masyarakat timur tengah…

basa-basi dia bertanya dari manakah gerangan aku (he..he…habis kan wajah sepertiku sebetulnya gak usah di tanyakan dr mana asalku…pasti sudah tahulah…indonesia gitu loh…)

tanya berapa lama…sama siapa…dsab.pertanyaan standar yang he…he…aku pelajari di percakan percakapan bahsa arab ringan…sambil tentu saja aku berharap percakapannya gak usah berlanjut deh…ilmu nya dah habis…:) di tambah perut ini tampaknya sudah kepingun diisi…
ketika mau pamitan…sebuah bungkusan besar beliau berikan kepadaku..

tentu saja aku tolak dengan halus..ternyata dia justru semakin bersemangat memberikannya kepadaku…

riski minalloh…katanya…
yah…tak ada alasan bagiku untuk menolaknya..apa lagi melihat kesungguh-sunguhan matanya
alhamdulillah…jazakumulloh khoir ukhti…
dan kamipun bersalaman…

keluar dr ka’bah mengobati rasa pesaranku…ku intip…bungkusan apa gerangan….ha… aku terhenyak…ternyata bungkusan besar yang ukhti tadi berikan kepadaku adalah seekor ayam bakar utuh…

“subhanalloh…la haula wa la quwata illa billah…”

ini adalah ayam bakar yang baunya sudah aku cium saat thowaf tadi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s