Batuk ….

Ehm…dari mana mulainya yah..

gini aja…untuk para pembaca yang pernah ke tanah suci, atau bagi yang belum coba tanya ke yang sudah berangkat…sebut kata batuk…di jamin mereka semua akan tersenyum…sambil mengatakan ” iya…di sana cuma unta aja yang gak batuk”

bahkan pernah ada seorang teman yang bertanya kepada penduduk setempat…jangankan para jamaah haji yang berbeda iklim…mereka saja yang penduduk lokal mengamini…kalo musim haji ya sama dengan musim batuk….itu sebabnya di sana juga orang orang setempat sering pergi ke masjid dengan membawa termos panas berisi air jahe atau sejenis rempah yang mereka sebut Qohwah…terbuat dari semacam rumut yang bereka sebut Zansabila…(kalo gak salah…)..nah minuman hangat ini mereka sering sedekahkan untuk para jamaah haji…supaya batuk mereka mereda…karena konon…itu adalah obat batuk tradisional mereka….

kembali ke batuk….

saking musimnya batuk di tanah suci…kalo pas sholat…apa lagi kalo bacaan imamnya Syr ( diam)…he…he…yang terdengar suara batuk aja dari segala penjuru….

nah…untuk urusan batuk ini…aku punya ceritanya nih….

Sudah lumrah bagi calon jamaah haji yang mau berangkat selalu ada tamu baik ketika mau berangkat maupun ketika sudah pulang…

Demikian juga yang terjadi dengan kami

pas mau berangkat biasanya para tamu yang sudah pernah pergi banyak kasih nasihat ke kita…Intinya mah, yang pertama jaga hati…di sana kita akan ketemu orang dari berbagai penjuru dunia…dengan berbagai adat dan kebiasaan bahkan warna kulit yang berbeda..Lintasan jelek dalam fikiran kita itu juga selalu ada…cepet cepet istighar. aja…supaya gak keterusan…karena di sana itu biasanya kontan di bayar sama Alloh…jangankan kita ucapkan terkadang lintasan buruk dalam fikiran kita saja suka kejadian……yang kedua…jaga badan supaya sehat….karena kalo badan sakit…kita jadi gak bisa ibadah…

Subhanalloh..terasa deh…nikmatnya hidup bermasyarakat….tak cuma nasihat spiritual saja…terkadang mereka juga merekomendasikan obat-obatan yang di pake…dari obat penunda haid…vitamin..sampai obat batuk…

pake OBH aja..kata salah satu tamuku di suatu hari…..cara minumnya jangan langsung telan…tapi coba pelan-pelan…rasakan di tenggorokan…kan batuk itu yang terasa gatal di tenggorokan…jadi jangan cepat-cepat di telan obatnya…

he..he…sepertinya…saran yang ini nih, masuk juga nih ke logikaku…o.k. sore itu aku coba cari OBH…

aku beli 2 buah…satu untukku dan satu untuk suamiku…yah…prepare aja…

ternyata…sore itu suamiku juga ada yang menyarankan…beli habatussauda aja…itu obat segala penyakit loh…kecuali pikun dan maut…nyunah lagi…dan ternyata logika inilah yang masuk dalam otak suamiku…jadilah beliau beli habatussauda botol besar beisi 200 buah kapsul habatussauda…

lega sudah…semua sudah di persiapka…dari teri kacang, abon, rendang, sabun cuci ,sabun mandi samapi ke obat obatan sudah di persiapkan, tinggal Bismilahi tawaqaltu Ala Lloh aja nih….

hari -hari di mekah…memang terasa berbeda…

dari hari pertama datang… terasa sekali perbedaan cuaca …iklimnya kering panas kalo di luar berdebu..kalo di dalam masjidil haram kipas angin tuh…di putar di mana-mana…..di maktab Ac non stop..jadi…jangan salah…kalo semua menjadi di luar kebiasaan kita di tanah air…kalo di tanah air makan kerupuk kita bisa krauk-krauk tanpa batuk…..di mekah…begitu makan kerupuk…langsung deh…nyut…nyut….sepertinya jantung kita itu pindah ke tenggorokan…

nah loh…kalo sudah seperti ini…aku cepet cepet deh minum OBH andalanku….atau terkadang aku juga coba terapi air zam-zam…kata Rosul juga Air zam-zam ini tergantung bagaimana kita berdoanya kan…jadi pasti aku sempatkan minum air zam-zam ini…yah….terkadang meski tak haus pun aku sempatkan meminumnya…mumpung ah…biar banyak berdoa…kan di salah satu doa meminum air zam-zam ada doa menta di sembuhkan dari segala macam penyakit…

“Allohumma ini As aluka Imanan Sodikon…wa lisanan Dzakiron..wa Qolban Khosian…wa ilman Nafian…wa ilman nafi an…risqon wasi an wa Syifaan ming kuli da an”

ya Alloh Aku memohon berikanlah kepadaku Iman yang benar…lisan yang senantiasa berzikir…hati yang khusuk…ilmu yang bermanfaat…riski yang bermanfaat dan kesembuhan dari segala macam penyakit…

terkadang sebelum membaca doa ini aku suka baxca Alfatihah dulu…yah..bukan sebuah keharusan sih…takut jadi bid ah…tetapi aku suka…sekali dengan surat al fatihah…karena surat ini artinya begitu dalem…em…seperti ini contohnya…di awal surat ini kan berisi pujian… jadi saat pertama aku baca Alhamdulillah…rasa syukur suka ku panjatkan…Terima kasih Ya Robb…engkau telah aku anugrahkan aku nikmat yang tak terkira…engkau sampaikan hamba di tanah haram mu…engkau ijinkan hamba bertamu di rumah MU….ketika aku baca Arahman…nirrohim….rahmatilah aku ya rob….dan selanjutnya ketika aku membaca Iyya kanak budu wa iyya kanas tain…aku selalu meminta…ya Robb…berikanlah aku kesehatan selama aku berada di sini dan sekembalinya aku dari sini…DST…

Subhanalloh….setelah itu baru air zam-zam itu perlahan membasahi tenggorokanku…nikmat…banget rasanya…apa lagi kalo meminumnya setelah selesai thowaf….

Allohu Robbi…sampaikan salam dan keberkahanmu kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya…yang karena doanya Kepadamu Hingga kami pun ikut merasakan keberkahannya…

seminggu, dua minggu tak terasa alhamdulillah aku di karunia Alloh kesehatan meski teman-temanku satu per satu tumbang…

terkadang ada lintasan lintasan fikiran kesombongan…tapi selalu aku tepis dengan istigfar…kalo lintasan buruk itu begitu mengganggu tanpa sadar aku suka menggelengkan kepala sampil beristigfar…sampai terkadang suamikupun heran…dan bertanya …kenapa mi…dan hem…aku cuma bisa tersenyum….

sampai suatu hari..aku terkejut…mendengar suara suami berubah…”Abi batuk?”kok bisa..emang makan apa tadi….

“iya mi…gak makan apa- apa kok…sepertinya ini teguran dari Alloh…Abi takabur….”

ha…takabur?…

iya mi..abi teh…kemarin nggak nyadar… padahal abi cuma membatin aja loh……Alhamdulillah..di kala semua pada sakit…abi di kasih kesehatan…sepertinya ini juga karena Habatussauda yang Abi makan tiap hari…Ah…ntar kalo sudah ke tanah air…Abi mau Testimoni ah…lumayan kan kalo di muat jadi iklan buat calon jemaah haji…makanlah habatus sauda…Insya Alloh di berikan kesehatan….

hah…tyestimony…hah…ha…..hah..ha…ha…..spontan tawaku membahana…terbayang deh…khayalan suami menjadi bintang iklan habatussauda….mungkin yang ia bayangkan akan seterkenal anaknya…. dulu juga pernah jadi bintang testimony habatussauda……dari habats international, emang lumayan sih…jadi dapat discont kalo beli…:).

makanya mas…sering sering istigfar aja…jagan di terusin kalo punya lintasan lintasan buruk…

subhanalloh…terasa Alloh begitu dekat dg kita….cash…and Carry …walaupun cuma lintasan…tapi sungguh Alloh maha mendengar…..

sejak saat itu aku semakin hati-hati menjaga hati, fikir dan jazadku…tidak hanya minum OBH tatkala terasa kriwik-kriwik di tenggorokanku tapi…hati harus selalu diusahakan di pagari dg istigfar…dan…yang terakhir..sering-seringlah mendoakan kesembuhan buat yang sakit…agar kesehatan itu juga di berikan kepada kita…bukankah setiap seorang muslim mendoakan saudaranya maka para malaikat pun meng aimnkan untuknya?

Wallohu alam bi showab

2 responses to “Batuk ….

  1. Ping-balik: Jadilah Unta ! | Seberkas Cahaya Rembulan·

  2. Setau saya, zansabil itu jahe… Tapi bisa jadi bukan.. Hehehe… Maklum saya bukan orang berpengetahuan luas… Mohon maaf apabila salah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s