Berkemas …

ini yang paling seru.. “the ending off the part…”

kenapa seru?

meski kelihatnnya sepele tapi bagi jamaah haji ada romantikanya sendiri loh…banyak kisah-kisah unik di sini…

haiya…bagian ini juga termasuk bagian yang penuh perjuangan yang sebenarnya tak luput dari pahala juga…

pahala?

he…he…tentu saja…kebanyakan para jamaah haji ini kan membeli oleh-oleh bukan untuk dirinya sendiri…tapi untuk anak-anaknya,cucunya,tetangganya…teman-temannya…dsb…tentu saja dengan harapan yang di kasih oleh-oleh pasti akan gembira…nah…membuat orang lain senang kan pahala….

nah…romantikanya di mana?

qi…qi…menulisnya saja aku sudah senyum-senyum…

sumber masalahnya sebenarnya berawal dari kondisi bahwa bagi jamaah haji indonesia tidak di perkenankan menggunakan tas di luar jatah yang di berikan oleh maskapai penerbangan…

di tambah…berat kopor tidak boleh lebih dari 32 kg

sebenernya…masing-masing jamaah haji sudah mendapat cerita-cerita dari jamaah haji tahun sebelumnya….baik paking waktu berangkat maupun packing saat pulang….hanya…karena cerita yang di dapat itu dari berbagai versi…baik versi tahun keberangkatan yang berbeda,maskapai yang berbeda ataupun daerah yang berbeda…maka semua perbedaan itulah membuat romantika tersendiri….

kalo berangkat sih gak begitu seru karena paking semua di rumah masing2…

saat berangkat yang serunya justru saat memberi tanda agar kopor kita beda dengan yang lain…ada yang pake gantungan warna warni,pake boneka kecil,pake gelas plastik,pake tulisan besar dr flanel sampai ke foto pemilik tas yang di cetak besar sekali…menutupi sepertiga kopor….

yang lebih seru adalah paking saat pulang….

termasuk diriku…

seorang teman memberikan saran kepadaku tentang packing…

“pokoknya mba…gak usah banyak-banyak bawa baju ganti…karena di sana bisa nyuci…lagian kalo bawaannya gak banyak lumayan.. nanti pas pulang,kopornya bisa muat oleh-oleh banyak…”

di pikiir pikir bagus juga sarannya…

jadilah aku berangkat hanya dengan membawa 6 stell sudah termasuk baju tidur dan baju ke masjid…he…he…sengaja sih aku pilih baju yang bahannya enak…jadi bisa di pake ke masjid dan masih enak di pake tidur…

alhamdulillah cukup banget…yah…tentu saja dengan harapan nantinya pas pulang aku masih punya banyak space buat oleh-oleh…:)

bagi jamaah haji mengisi kopor dengan oleh-oleh…bukan perkara yang susah…karena setiap pulang dari masjid…di luar masjid sudah banyak berjajar para pedagang menjual berbagai dagangannya…dari mulai mainan anak-anak,tabih,sajadah,gamis,kerudung,jam tangan,sampai ke rumput fatimah…

saat membeli mah tidak memikirkan bagaimana cara ngangkutnya…yang penting beli aja..sambil mbayangin…pasti yang di beri akan bahagia…

Tiga hari menjelang ke pulangan ke tanah air…kami sudah mulai menyusun-nyusun…belanjaan oleh-oleh mulai di tata di dalam kopor dan tas tentengan…

salah satu yang membuat heboh kami para jamaah haji adalah…boleh atau tidaknya membawa air zam-zam dalam kopor…

ada beberapa jamaah haji yang sdh mendapat informasi dr jamaah tahun lalu yang berhasil membawa banyak air zam-zam…

dengan percaya diri mereka mengisi kerpis air atau jirigen-jirigen ukuran 3 liter…mereka isi air zam-zam….tidak terlalu penuh..d tutup kuat kuat…di lakban..teraakhir….di bungkus kain ihrom :)…aamaan….

sebagian lagi…cemberut dengan tingkah laku para jamaah haji yang membawa air zam-zam..

apa pasal..?

he…he…ternyata mereka justru mendapatkan informasi yang sebaliknya…bahwa kalo bisa para jamaah haji ini jangan sampai membawa air zam-zam di kopor…ini namanya menzolimi sodaranya…apa sebab?konon sih katanya penerbagan sebelumnya tertunda sampai 8 jam gara-gara ada jamaah haji yang membawa air zam-zam di kopor?

bahkan saking krusialnya isu ini…salah satu ketua kloter di maktab kami sampai membuat sebuah tulisan berisi himbauan agar jangan sampai ada yang membawa air zam-zam di dalam kopor…

walhasil..jadi banyak juga jamaah yang ragu-ragu…yang semula sudah memasukkan air zam-zam di kopor mereka bongkar lagi …mereka keluarkan air zam-zamnya……

wah…pokoknya seru deh…

karena adanya isu krusial itu…akhirnya demi tentramnya stabilitas hati para haji ini…yang keukeuh mau bawa air zam-zam…mereka diam-diam memasukkannya ke dalam kopor mereka tanpa memberitahukan kepada yang lain …”bismillah…semoga lolos”maklum…air zam-zam ini justru yang di tanah air adalah barang langka…

selain oleh-oleh air zam-zam…para jamaah haji ini kebanyakan membeli makanan khas seperti Qurma nabi,ruthob,coklat,manisan,kacang-kacangan… sajadah-sajadah,karpet,gamis,dsb.dan demi masuknya semua barang bawaan, macam macam tingkah para jamaah…ada yang kopornya di dudukin..ada juga …bajunya di gulung kecil atau ada juga yang pake pelastik kedap udara..

seneng melihat mereka semangat packing…yang membuat senang adalah semangat menyenangkan orang orang terkasih di tanah air

hasilnya?

he…he…semua kopor jamaah haji jadi hamil…alias melendung karena penuh oleh-oleh…

yang merasa masih kurang masih pada berfikir membeli tas untuk tentengan…

yah…he…he…memanfaatkan peluang aja…sebab yang di perbolehkan di bawa oleh jamaah haji itu only kopor dan tas tentengan dari maskapai dan satu women hand bag….

jadi bagi yang kopor dan tas tentengannya sdh hamil besar….mereka sepakat membeli handbag…hi…hi…teorynya sih hand bag…tapi …kami semua membelinya super hand bag….:D

nah…yang lebih nekad lagi ada juga loh….yaitu mereka yang kopor,tas tentengan juga hand bagnya sudah penuh….dan ternyata masih kurang….dengan cerdas mereka punya strategi jitu…”ah…gampang…yang penting yang di beli di sini harus masuk…masalah baju-baju…ntar di pake aja semuanya rangkap 4,rangkap 5 kalo perlu rangkap 6.ntar kalo sdh lolos pemeriksaan baru deh…di lepasin satu-satu….hi…hi….seneng juga melihat semangatnya…nggak kebayang make baju rangkap 6…tapi what ever…apapun akan di lakukan yang penting bisa membuat orang bahagia….

ternyata… perjuangan membawa oleh-oleh ini tidak hanya sampai di sini….kami para jamaah haji masih harus mengalami razia untuk terakhir kalinya sebelum sampai ke tanah air…

yaitu di bandara madinah al munawaroh…

kebetulan …pesawat yang kami tumpangi adalah sudi arabia airline…

konon katanya kalo saudi arabia airline ini lebih ketat di banding garuda…

ketika rombangan kami tiba di bandara…ini yang terjadi,

he…he..petugas haji indonesia sudah geleng-geleng kepala..”.bapak…ibu..”.kata petugas haji menjelaskan.

“.saya lihat..”.lanjutnya..

“barang bawaan bapak dan ibu ini terlalu banyak..dan ini tentu saja tidak akan di perbolehkan terbang…mumpung belum masuk ke terminal pemberangkatan bu..karena kalo ibu sudah masuk ke antrian…semua yang berlebihan yang tidak sesuai dengan yang di perbolehkan akan di buang bu…..dari sekarang di seleksi….coba sebelum bapak ibu menyesal…insya Alloh saya akan bantu bapak atau ibu…di pilih-pilih yah bu…jangan sampai barang yang bapak ibu beli di sini justru tidak di bawa…tinggalkan yang tidak perlu bu…”

kami saat itu di suruh berbaris…

petugas bandra memeriksa kami sebelum kami masuk ruang tunggu…sambil mengomentari…bapak…keluar barisan…barang bawaan bapak terlalu banyak…ibu…tas tangan ibu terlalu besar…perbaiki dulu pakingnya…dari pada barangnya terbuang…

termasuk diriku…

hi…hi…suasana tegang sekali…banyak para jamaah haji yang panik…karena selain tas jinjingan maskapai…banyak juga yang membawa kerdus besar berisi oleh-oleh…dan mereka nggak mau pusing…di tinggalkannya kerdus itu di sekitar bandara..kepanikan di tambah dengan petugas kebersihan bandara yang berada di sekitar kita…mengawasi sambil seolah-olah..maaf siap menerima hibah barang yang akan kami tinggalkan….

saat itu aku dan suami juga panik…he..he…sebab kami tak sempat memaketkan apapun selain Al quran sebelumnya…kami belanja oleh-oleh anak-anak justru di injuri time…nanti malam mau pulang bada duhur baru belanja…cuma sedikit…macam 2 coklat ,boneka untuk si kecil dan pesenan si sulung “RuthoB alias qurma muda”yang cuma 2 kg..wal hasil semua bawaan itu harus masuk ke 2 tas jinjingan milik aku dan suamiku…

tas tangan yang aku beli kata petugas terlalu besar…wah…padahal di dalamnya 2 boneka yang aku beli sebagai pengobat rindu si kecil yang aku tinggalkan selama 40 hari…

cepat-cepat aku keluar barisan…bersama suamiku menyusun kembali tas kami yang semula 3 tas harus jadi 2 tas…kami diskusi seandainya gak muat apa yang harus di tinggalkan…kami sepakat yang kami tinggalkan adalah baju dalam…:) training…dan yah…jika terpaksa ya ruthob pesenan si sulung…mengingat Ruthob akan bisa aku dapatkan di pasar baru…

terdesak oleh rasa panik…aku jadi senewen…melihat para petuga kebersihan..”please…dont standing bi side me…i am still panik” kataku dg bahasa inggris asal-asalan…ntah mereka tahu atau tidak…tapi aku juga pake bahasa tubuh…dg tangan yang aku kibas-kibaskan..mencoba menyuruh mereka tidak di dekatku…

2 kali aku mencoba masuk tapi di tolak oleh petugas bandara dg alasan bawaanku terlalu banyak…

tak putus asa…aku kembali menyusun bawaanku serapih mungkin…di bantu petugas haji Indonesia…prinsipku…jangan sampai semua yang aku beli di mekah madinah ada yang aku tinggal…karena aku membelinya dalam jumlah yang terbatas…dan sudah sangat aku perhitungakan untuk siapakah oleh-oleh itu…jadi…kalo sampai ada yang tertinggal tentu aku akan sangat repot mencari gantinya..

ku susun ulang…ku tekan tekan…ku lipat serapih mungkin…dan bismillah…kata petuga haji…Insya alloh yang ini pasti lolos bu…kata mereka optimis…

dan alhamdulillah…aku di perbolehkan masuk.. trims pak petugas…semoga urusan bapak di mudahkan yah…

karena kami adalah yang terakhir masuk ke bandara..maka teman-teman di dalam ruang tunggu bandara…tegang menunggu kami… semua di dalam bandara panik…bagaimana mba…apa yang di tinggal…? tanya mereka antusias…

alhamdulillah semua oleh-oleh bisa aku bawa…cuman training olah raga abi dan beberapa kaos kakiku saja yang aku tinggalkan…:).he…he…bagian dr perjuangan lah…di bantuin kok sama petugas haji kita…kataku semangat…

yah…perjuanganlah…semoga ini jadi berkah buat kita…karena toh semua oleh-oleh itu bukan untuk menyenangkan diri kita…

“wah…tau begitu kita gak cepet-cepet masuk ke sini yah…”kata salah satu temanku…kemudian ceritapun mengair dari mulut mereka semua…ada yang sajadahnya di buang…ada yang boneka untuk 9 cucunya di tinggalkan…ada yang yang qurma 5 kg di tinggalkan..dsb…

tapi itulah Romantikannya terlepas dari Romantika itu…Puji sukur hanya bagi Alloh SWT…alhamdulillah.. karena kami bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan bisa pulang ke tanah air dengan selamat…

Dan yang lebih membahagiakan lagi adalah bisa memberikan kebahagian kepada orang-orang di sekitar kita…terutama untuk anak-anaku…betapa perjuangan membawa oleh-oleh untuk kalian ini punya romantika tersendiri bagi kami…:D

tips untuk calon jamaah haji berkaitan dengan packing :

1.untuk paking saat berangkat : bagusnya jangan terlalu banyak membawa baju cukup 6 stel,daleman 6 stell kalo musim dingin bawa long john 2 stell.jadi tak perlu bawa jaket tebal-tebal.

membawa makana kering seperti abon,kering tempe,kering kentang,bumbu pecel,sereal,…ini akan sangat membantu sekali,terutama untuk membantu selera makan kita…lebih bagus lagi kalo makanan kering itu di bungkus kecil-kecil per sekali makan…karena akan menjaga aroma dan menjadi tidak mudah basi karena proses buka tutup

2.untuk paking saat pulang…

kopor itu sudah di design untuk tidak lebih dari 32 kg jadi…jangan khawatir akan over load…secukupnya tas aja…sebanyak apapun…asal bisa masuk tas…bagaimanapun caranaya apakah mau di dudukin atau di injak saat menutup kopornya…berdasarkan pengalaman tak lebih dari 32 kg.

3.sebelum paking terakhir mau pulang…oleh0oleh sebaiknya sudah di susun …baik di kopor atau di ats jinjingan jd kita tdk panik..baju-baju bisa juga kok di paketkan sebelumnya…pengalaman sya bisa di pakietkan kolekti (bareng-bareng)..karena paket,minimal 20 kg.nggak mahal kok…1 kgnya kita kena 8 real sekitar 22 rb per kilo gr.

4. berkenaan dengan air zam-zam…ternyata beberapa teman sya yang memasukkan air zam-zam ke dalam kpor …lolos seleksi semua alias semua air zam-zam yang mereka bawa lolos…jadi kesimpulannya aman…aslkan pakingnya benar…seperti jangan teralu penuh…dan lakban di sekeliling jirigen supata tidak tumpak…selain itu juga di lindungi dgan semua yang berbau kain…tujuannya bukan untuk x ray tapi agar ketika terjadi benturan jirigen ini menjadi terlindungi..

wallohu alam bi showab…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s