Hand Phone

Ehm…survey membuktikan jika sekarang jumlah penduduk dunia ada sekian ratus juta.maka 75 persennya adalah pengguna ponsel.

hampir kehidupan orang di zaman sekarang sangat bergatung pada hand phone…kalo dulu kita bisa selalu tepat waktu kalo janjian dengan seseorang…gara2 ada hand phone jadi sering molor…karena sekarang lebih gampang mengungkapkan berbagi alasan keterlambatan atau ketidak hadiran hanya dg sms…

he…he…bahkan ada anekdot lebih baik ketinggalan dompet di banding ketinggalan handphone…

apa hubungannya handphone dengan jamaah haji?

wah…ini sagat erat sekali…terutama untuk koordinasi ..baik antara ketua grup dg anggota,anggota dg anggota ataupun pasutri

dengan adanya hp ini maka tingkat orang yang tersesat bisa lebih di tekan…dan terbukti…mereka yang tersesat agak lama biasanya gak bw hp,low bath atau generasi sepuh yang tdk bisa mengoperasikan hp…

ada sebuah kisah menarik tentang HP yang hampir selalu jadi pembicaraan para jamaah umroh dan haji…terutama para kaum ibu…

setiap…hari saat di madinah ada saja yang bercerita tentang handphone…ada yang kabarnya sedih….”wah…saya tadi ketahuan…padahal sy taruh di kaos kaki loh…eh kok malah tadi azkarnya merabanya malah di kaki…:(“.

ada juga yang kabarnya gembira…”sekarang saya tahu bu…nyimpennya di mana…saya tadi bawa sajadah…nah..hpnya saya selipin di antara sajadah…pas diperiksa…saya angkat aja semua tangan saya sambil bawa sajadah…eh..lolos….”

he…he…tentu saja walaupun…berhasil di satu orang belum tentu juga berhasil di terapkan ke orang lain…:)sampai-sampai ada yang nyelethuk…”sepertinya gimana amalan kita kali yah…:)”

kenapa mereka ketat sekali memeriksa kaum ibu?

sempat saya tanyakan ke suami di barisan para bapak gak ketat ketat banget kok….

sementara kita nih…kaum ibu kalo mau masuk ke masjid nabawi musti di periksa dulu…di razia..sampai ke tas2nya…bahkan di raba-raba seluruh badan kita….hi….jadi syerem kan…:(

dulu waktu umroh saya belum menemukan jawabannya…kenapa sampai seketat itu pemeriksanaanya bagi para ibu yang mau masuk ke masjid nabi

alhamdulillah setelah haji kemarin saya temukan jawabannya…

mereka ketat itu memang memeriksa jangan sampai ada jamaah wanita yang membawa kamera atau membawa hp yang ada kameranya…

apalagi jaman narsis begini…di mana hampir semua orang butuh eksis di dunia maya..jepret sini…jepret sana…up load..update status…:)

he…he…hayo siapa yang narsis…jangan ke singgung yah…:)

kembali ke pemeriksaan yang ketat…

mereka para askar itu ketat karena perintah dari para umahat dan akhwat mukimin…penduduk setempat yang memang sebagian besar adalah pemakai purdah alias cadar…dan ketika di dalam masjid mereka membuka cadar mereka…nah…kami orang tak di kenal inilah yang mereka takutkan…jika tanpa sengaja ketika kami para pendatang berfoto foto ria mereka ikutan terjepret….apalagi ter up load…

untuk memberi tahu jangan foto-foto di dalam…hemmmm jelas sangat susah…dg sekian ribu jamaah …sekian bahasa…dsb.

jadi cara yang efektif adalah razia…

nah…jika para askar itu sangat teliti memeriksa para jamaah…kita para ibu ini lebih cermat lagi dalam menyembunyikan hand phone…

yah…dari pada terjadi miss komunikasi dg grup atau pasangan kan lebih baik cernmat dalam menyimpan…

ada yang di simpan di maaf area tradisional untuk menyimpan uang..para pedagang jaman dulu…:)

ada yang di simpan di kaos kaki…ada yang di slempitan alquran yang bersleting(kadang kalo lagi apes…alQur annya juga di buka-buka loh…)…ada yang di sela-sela sajadah yang di bawa…wah…pokoknya semakin askar teliti semakin lihailah kita menyembunyikan hand phone yang kita bawa…

nah…karena trendnya semakin tak terbaca oleh askar…mereka para azkar ini lebih cerdas lagi…kadang…sebelum mereka memeriksa..mereka lebih dulu bertanya..”no Handphone?No Camera?”

wah…ini ternyata yang paling berat…karena kita gak bisa berkutik lagi…dari pada berbohong….terpaksa mengangguk deh…jadilah kita menitipkan hp kita di locker..Insa alloh aman kok….cuma agak ribet aja sedikit…:)

Doa?

hemm…sepertinya inilah kuncinya…meski kelihatnnya sepele…tapi doa ini penting juga…walaupun hanya…Bissmillah di lancarkan pemeriksaanya biar hpnya gak usah di titip… atau sebelum pemeiksaan banyak juga loh yang berdoa..”Allumma Yasirru wa la Tu ashiru…”Ya Alloh…permudahkan jangan di persulit”….jadi meski terkadang hpnya di taruh di salah satu saku tas…lolos juga dari razia…yang peting kan di dalam masjid kita gak foto-foto sembarangan …terutama..tidak memoto kaum wanita yang punya prinsip bercadar….

jadi untuk para ibu dan remaja putri….yang mau umroh atau haji…pinter-pinter nyimpen hp yah…kalo gak mau ribet ya…bawa hp yang gak pake kamera…:) Insya Alloh Aaman….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s