Dzikir dan Doa yang dianjurkan untuk wanita muslim yang hamil

Kenapa saya tulis ini..yang jelas banyak sekali mitos mitos seputar wanita hamil yang banyak tersebar di sekitar kita.  Itu sebabnya terkadang banyak para wanita di berbagai daerah di seantero nusantara ini yang mempercayai mitos mitos tersebut.contoh..kalo di daerah jawa, biasanya seorang ibu yang hamil, kalo mereka mengenakan baju, wajib baginya mengenakan assesoris tambahan berupa gunting atau pemotong kuku dan peniti yang mereka sematkan diatas baju yang mereka kenakan.jika di jalan kemudian mereka menemukan sesuatu yang tidak mengenakan perasaannya mereka akan mengelus perut mereka sambil berkata ” doh doh daridoh aja melu mboke enyong melune mboke dewek”he…he…yang terjemehan bebasnya kira kira jauh jauh deh dari gue…🙂

kalo masyarakat di Padang biasanya untuk orang orang yang hamil di suruh bawa bawang putih jantan.yang wajib hukumnya di bawa kemana mana.konon katanya bawang putih itu bisa menangkal syetan palasik yang gemar memakan bayi yang di dalam kandungan atau sudah di lahirkan.

Masa-masa kehamilan adalah masa yang cukup menegangkan bagi calon ibu baru. Ada rasa takut, khawatir, resah, meski bercampur dengan bahagia karena menanti sang buah hati. Terlebih lagi setelah memasuki masa-masa persalinan. Ketegangan dan kekhawatiran biasanya semakin meningkat.

Karena itulah, Islam memberikan tuntunan bagi para ibu hamil untuk senantiasa berdzikir dan berdo’a, agar segala gundah dan resah terhapus, digantikan oleh rasa tenang dan bahagia.

Satu hal yang harus disadari oleh para ibu untuk melawan rasa takut adalah bahwa segala ketentuan yang terjadi di dunia ini sudah diatur oleh Alloh swt, bahkan sebelum kita sendiri dilahirkan, kemudian sadarilah bahwa tugas kita sebetulnya adalah mengandung, merawatnya sejak dlam kandungan hingga si janin terlahir, bahkan di dalam al quran ‘Alloh SWT berfirman bahwa Ialah yang mengeluarkan janin dari rahim ibunya” .itu sebabkany tak ada satupun dari kita para wanita yang bisa tahu kapan akan melahirkan.
“Dan Alloh-lah yang mengeluarkan kalian dari perut ibumu kalian dalam keadaan kalian tidak mengetahui sesuatupun. Dan dia jadikan pada kalian pendengaran, penghlihatan dan hati, supaya kalian bersyukur”. (Qs. 16,al-Nahl:78)

Secara garis besarnya sebetulnya yang harus dilakukan oleh calon orang tua ada 2 hal :

1. Menjadikan dirinya menjadi orang tua yang sholeh, karena dengan menjadi orang tua yang sholeh sebetulnya kita telah memenuhi salah satu dari 3 hak anak yaitu : 1.mendapat orang tua yang sholeh, 2.memberi nama yang baik, 3. memberi pendidikan yang baik.

para ulama sepakat bahwa menjadi orang yang sholeh sebetulnya bukan hanya menguntungkan kita saja tetapi juga bisa menguntungkan anak keturunan kita.karena orang tua yang sholeh akan senantiasa mendoakan dan berusaha mendidik anaknya untuk menjadi mukmin yang baik, sebagaimana yang terjadi dengan keluarga ali imron (qs.ali imron :33-37)

2.ketika kehamilan itu datang, maka yang harus kita lakukan adalah bersyukur.

Para salafus sholeh ketika mereka memperoleh kesenagan berupa keturunan maka mereka bersyukur dengan cara menambah ibadah mereka , seperti yang di lakukan oleh sayid bin musyaib, setelah ia di karunia seorang anak maka ia memperpanjang sholatnya, ia berharap dengan sholatnya akan bisa menjadikan anaknya sholeh.

kenapa kita juga harus bersyukur?karena tidak semua orang di beri amanah oleh Alloh swt, dengan mudah.

Dalam sanad imam abu hanifah dari jabir r.a.ada seorang laki laki anshar datang sambil berkata kepada Rosululloh ” ya Rosululloh,aku tidak dikaruniakan seorang anakpun”, kemudian beliau Rosululloh saw bersabda ” apakah dirimu telah memperbanyal istigfar dan bersedekah atas karunia yang engkau dapatkan?”, kemudian jabir berkata ‘ kemudian laki laki tsb,memperbanyak sedekah dan istigfar.dan iaun di beri sembilan anak laki laki.

dan Al quranpun menguatkannya :

Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun”. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan ( pula didalamnya ) untukmu sungai-sungai.”(Q.S.Nuh:10-12)

kalo kita tinjau lagi bahwa manfaat istigfar dalam sebuah hadist riwayat baihaqi, abu daud dan ibnu majah adlah : ” barangsiapa yang memperbanyak istigfar maka Alloh akan menjadikan baginya kesedihan menjadi kebahagiaan, setiap kesulitan ada jalan keluarnya dan di karuniakan baginya rizki dari arah yang tidak di sangka sangka”

3. Zikir zikr selama hamil dan menjelang melahirkan :

zikir yang selalu dibaca setiap hari di saat hamil :

1.doa pagi dan petang,

2.al quran, tadabur Qs. ali imron : 33 – 37,

doa istri imron agar di beri keturunan yang sholeh, dan menerima semua takdir yang berlaku, misal menginginkan anak laki laki tetapi yang keluar perempuan.

catatan untuk orang orang di sekitar pengantin baru doanya adalah :doa nabi saw untuk ummu sulaim “barakallohulailakuma” keberkahan untuk malam malam kalian.

zikir ketika akan melahirkan :

Pada saat putri Rosululloh fatimah az zahra akan melahirkan maka Rosululloh menyuruh kepada Ummu Sulaim dan Zainab binti jahsy untuk membacakan :

“Alloh tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaannya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at disisi Alloh tanpa idzin-Nya. Alloh mengetahui apa yang ada dihadapan mereka dihadapan mereka dan dibelakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Alloh melainkan apa yang dikehendakinya. Kursy Alloh meliputi langit dan bumi dan alloh tidak merasa berat memelihara keduanya dan Alloh Maha Luhur lagi Maha besar”. (Qs. 2. Al-baqoroh: 255).

“Sesungguhnya Tuhan kamu adalah Alloh yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam Dia bersemayam diatas arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan diciptakannya pula matahari, bulan dan bintang-bintang masing-masing tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Alloh Maha suci Tuhan semesta alam”. (Qs. 7, al-A’raf: 54)

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?” Qs.!0 : 3

“Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan perempuan-perempuan tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (Qs. 113, al-falaq. 1-5).

“Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah;” aku berlindung kepada Tuhan yang memelihara dan menguasai manusia, raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan bisikan setan yang biasa bersembunyi, yang membisikan kejahatan kedalam dada manusia, dari golongan jin dan manusia”. (QS. 114, an-naas. 1-6)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s